Contoh Cerpen Singkat

Rate this post

Contoh Cerpen Singkat – Cerpen adalah salah satu karangan yang di buat dengan cerita pendek, dengan tujuan menarik perhatian bagi pembaca dan pendengar, dalam hal ini juga terkadang memiliki beberapa sumber dengan pengetahuan yang di buat berdasarkan dari cerita terdahulu.

Dengan kata lain cerpen juga sebuah ungkapan yang diartikan sebagai suatu jenis karya yang ditulis dengan bentuk prosa dan mempunyai karakter dalam bentuk fiksi yang menceritakan dari sebuah gambaran cerita yang dialami oleh masing-masing tokoh.

Dan disusun dengan singkat serta diiringi dengan beberapa konflik di tengahnya meski hanya sebuah cerita pendek cerita tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi pembacanya. Menurut materibelajar.co.id Bentuk prosa naratif fiksi dapat mengarah pada cerita yang pendek dan dibuat dengan ringkas dengan cara lansung.

Struktur Cerpen Singkat

Contoh Cerpen Singkat

Berikut ini adalah beberapa bagian dari struktur cerita cerpen, diantaranya sebagai berikut:

  • Rangkuman biasanya terdapat di bagian awal yang berisi rangkuman singkat dari uraian awal cerita yang akan berlangsung dalam cerita tersebut.
  • Pedoman tersebut umumnya terkait dengan jangka waktu kejadian, suasana yang terjadi dan lokasi yang digunakan.
  • Komplikasi berkaitan dengan sebab dan akibat suatu peristiwa yang terjadi.
  • Evolusi umumnya berkaitan dengan arah masalah yang akan semakin memanas.
  • Penyelesaian biasanya terkait dengan deskripsi masalah yang sedang terjadi.
  • Koda umumnya dikaitkan dengan kebijaksanaan atau nilai yang dapat diperoleh pembaca.

Ciri – Ciri Cerpen

Contoh Cerpen Singkat

Dibawah ini merupakan bagian dari ciri cerpen pendek dalam teks indonesia adalah.

  • Alur cerpen cenderung lebih pendek dari pada novel.
  • Jumlah kata dalam sebuah cerita tidak melebihi 10.000 kata dalam sebuah cerita.
  • Ide utama atau inspirasi cerita dalam cerita-cerita tersebut terkadang bersumber dari pengalaman dan kehidupan sehari-hari.
  • Cerpen hanya menceritakan satu tokoh, tidak semua tokoh diceritakan.
  • Cerita pendek, terdapat tokoh yang diceritakan dengan mengalami masalah dan cara menyelesaikannya.
  • Kata-kata yang digunakan dalam cerita ini cenderung lebih sederhana dan lebih mudah dipahami oleh pembaca.
  • Ceritanya menimbulkan kesan yang begitu dalam sehingga pembaca juga bisa merasakannya.
  • Hanya satu insiden yang ditulis dan dijelaskan.
  • Plotnya unik dan tidak berubah.
  • Deskripsi karakter dalam cerita sederhana, tidak terlalu detail.

Unsur Intrinsik Dalam Cerpen

  1. Tema adalah ide yang utama di balik jalan cerita dan biasanya akan langsung terlihat pada cerita atau eksplisit maka pembaca harus benar – benar teliti dan dapat menyimpulkan apa yang sudah di sampaikan secara implisit.
  2. Bidang karya sastra maka secara umum, termasuk dalam urutan dalam perjalanan sejarah pendahuluan> konflik atau timbul masalah> konflik meningkat> puncak konflik (klimaks)> konflik menurun> resolusi.
  3. Terdapat kaitan dengan tempat atau waktu dengan suasana pada cerita.
  4. Karakter adalah bagian dari aktor yang terlibat dalam cerita dan memiliki karakternya dengan masing-masing pendukung.
  5. Penokohan adalah tokoh atau aktor dalam cerita yang akan di jadikan cermin dari pemikiran dengan perkataan tentang sesuatu.

Unsur ekstrinsik cerita pendek

Unsur ekstrinsik cerita merupakan unsur penyusun cerita dari luar, berbeda dengan unsur intrinsik cerita yang menyusunnya dari dalam. Unsur ekstrinsik cerita tidak terlepas dari keadaan masyarakat dimana cerita tersebut ditulis oleh pengarangnya.

Berikut ini adalah unsur ekstrinsik dalam ceren adalah.

  1. Latar Belakang Komunitas merupakan pengaruh dari kondisi latar komunitas dalam pembentukan sebuah cerita dengan pemahaman berupa penilaian terhadap ideologi di masyarakat .
  2. Latar belakang penulis Latar belakang penulis dapat mencakup pemahaman penulis tentang kisah hidup penulis dan sejarah esai sebelumnya.
  3. Biografi biasanya memuat kisah hidup pengarang cerita yang ditulis secara utuh.
  4. Kondisi psikologis Kondisi psikologis mengandung pemahaman tentang kondisi mood ketika penulis menulis cerita.
  5. Aliran Sastra seorang pengarang tentunya akan mengikuti aliran sastra tertentu sangat berpengaruh pada gaya penulisan yang digunakan penulis saat membuat cerita dalam cerita tersebut.

Contoh Cerpen Singkat

Contoh Cerpen Singkat – Cinta
Sore itu, Sinta sedang mendengarkan musik di ruang tamu dan tiba-tiba, ada ketukan di pintu dia lari untuk membuka pintu ternyata tidak ada orang di luar.

Tapi dia melihat sebuah kotak di depan pintu sangat heran, dia mengambilnya dan masuk ke dalam rumah dibuka, ditemukan bahwa itu berisi boneka dan surat yang berisi “Aku sedang menunggumu di taman pinggiran kota, sekarang”

Saking penasarannya, Sinta pun mencoba datang ke taman kota tersebut yang mengundangnya di luar dugaan, anton juga berniat menembak Sinta Tentu saja Sinta menerima cintanya, karena Ali adalah pria yang disukainya sejak SMA.
Contoh Cerpen Singkat – Persahabatan
Suatu ketika, hari sudah cerah, ada dua remaja bernama Rara dan Tina saat itu sedang mengerjakan tugas sekolah di rumah Rara.
Ceritakan pada Sinta yang ada di depan rumah apakah aku akan pergi ke suatu tempat atau tidak Tanya Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

Jika dilihat dari luar dia terlihat seperti orang yang sangat baik, memiliki sifat yang ramah dan manis. Namun memang benar cara memandang ciri-ciri yang dimiliki oleh kesalahan seseorang itu begitu saja.

Dia cantik hanya di luar, tetapi pada kenyataannya dia sangat pahit di dalam. “Rara berkata dengan sangat sinis.
Betapa pahitnya, Ra?” Tina bertanya lagi.

Dia selalu berbicara tentang kejahatan orang lain terkadang dia berbicara buruk kepada teman-temannya sendiri masih banyak hal tentang perilakunya yang mungkin tidak bisa kuceritakan Hanya melihatmu dengan sSifatnya yang acuh tak acuh dan kasar bagiku.
Contoh Cerpen Singkat – Sedih
Matahari sudah malu untuk bersinar lagi, embunnya yang mudah bertiup di pagi hari, membuat pagi terlihat semakin gelap dan dingin bisa melihat sosok laki-laki yang untuk memberikan sedikit perasaan yang hangat dengan seragam putih dan birunya tidak membantunya sama sekali akan tetai dia tetap bersyukur tidak turun hujan dan membuat seragamnya semakin buram.

Dia terus mengawasi lampu lalu lintas dengan sangat cermat sehingga dia tidak akan melewatkan perubahan warna. Saat lampu lalu lintas menyala merah, buat jalan di tengah lalu lintas untuk menjual koran seringkali, ditolak, bahkan ada yang memandangnya sinis salah dengan itu adalah pekerjaan legal, bukan pencurian atau hal buruk lainnya.

Wah, Reka! Buruan mau masuk ke sini, ”ucap seorang remaja berseragam putih biru seperti Reka, yang berpapasan dengan Reka dengan motornya. Reka tersenyum “Iya, sebentar lagi saya kesana,” kata Reka sambil berjalan di sepanjang jalan yang sudah penuh sesak dengan kendaraan.

Saat berada di pinggir jalan, Reka memasukkan sisa koran ke dalam tas. Meski masih banyak sisa makanan, Reka patut bersyukur karena saat ini kekayaannya melimpah.

Koran sisa ini sudah tidak bisa lagi dijual karena pada siang hari tidak ada yang mencari koran. Sementara itu, Reka tidak bisa melanjutkan penjualan karena waktu masuk sudah dekat.

Tapi setidaknya hari ini adik-adiknya bisa makan siang setelah Reka pulang sekolah.

OK Sobat shroudsofthesomme.com demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga dengan pembahasan ini dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Dikutip dari : https://materibelajar.co.id/contoh-cerpen/