4 Rekomendasi Teknologi untuk Bisnis Online

Pandemi COVID-19 memaksa pemilik bisnis untuk ekstra hati-hati dalam memilih rekomendasi teknologi untuk bisnis online yang dikelolanya. Jika kondisi benar-benar tidak menentu, Anda pasti lebih memilih teknologi untuk bisnis online terbaik yang tidak terlalu berisiko, bukan? Dengan risiko yang lebih kecil dan keuntungan yang terjamin, Anda dapat membangun bisnis tanpa rasa khawatir.

Ada empat rekomendasi teknologi untuk bisnis online yang bisa dipilih

, yakni e-commerce, cloud, aplikasi, dan media sosial. Setelah membiasakan diri dengan sifat teknologi, mari pelajari cara memaksimalkannya untuk bisnis online Anda!

(1) Teknologi cloud yang dapat beradaptasi dengan pandemi

Teknologi cloud segera mendapatkan popularitas selama pandemi COVID-19. Alasannya adalah karena cloud, atau komputasi awan, dapat membantu Anda menyimpan data secara online. Operasional bisnis dapat tetap berjalan lancar tanpa harus membuka kantor dan bertatap muka.

Karena itu, cloud menjadi teknologi yang paling banyak digunakan selama pandemi. Ketika semua data bisnis tersedia secara online, bisnis tetap dapat berjalan dimanapun Anda dan karyawan Anda berada.

(2) Membuka toko online di platform e-commerce

Sementara banyak perusahaan lain gulung tikar, e-commerce semakin mulai bergema selama pandemi. Ikuti tren ini dan bergabunglah dengan platform e-commerce. Jika membuat website perusahaan terlalu sulit, silahkan buka akun di e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada dan lain-lain.

Platform e-commerce ini menawarkan berbagai keuntungan seperti gratis biaya administrasi, kemudahan beriklan, jangkauan di seluruh Indonesia, dan menargetkan audiens yang lebih besar. Anda juga dapat menghemat anggaran sewa toko offline dengan membuka toko online di e-commerce.

(3) Media sosial menjadi ladang empuk untuk menghasilkan uang

Media sosial merupakan salah satu produk teknologi yang disukai para pengusaha. Seiring dengan meningkatnya jumlah media sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, demikian pula peluang untuk pendanaan. Sekarang Anda dapat mempromosikan bisnis Anda di Facebook, Instagram, YouTube di platform TikTok.

Oh ya, walaupun ada banyak pilihan, Anda tidak boleh lalai dalam mempromosikan bisnis Anda. Silakan pilih platform yang sesuai dengan identitas Anda dan perusahaan target Anda. Jika pasar bisnis Anda adalah anak muda, pertimbangkan Instagram dan TikTok.

Sekarang periksa kembali platform mana yang terbaik untuk perusahaan Anda?

(4) Penggunaan aplikasi manajemen bisnis gratis

Anda dapat meningkatkan produktivitas perusahaan Anda dan mengurangi staf dengan memanfaatkan aplikasi manajemen bisnis gratis. Aplikasi gratis ini dapat membantu Anda mengelola bisnis Anda dengan mudah dan praktis tanpa mempekerjakan lebih banyak staf.

Aplikasi bisnis ini juga dapat membantu Anda yang bergelut dengan bisnis start-up. Meski tidak banyak SDM yang bisa direkrut, aplikasi tetap bisa menjalankan bisnis. Contoh sederhana penggunaan aplikasi bisnis adalah menggunakan aplikasi jurnal kas bisnis.

Rekomendasi teknologi di atas bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan bisnis online Anda. Meskipun masing-masing memiliki kelebihan, carilah teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Lihat Juga :

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/
https://psyline.id/
https://liga-indonesia.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/